Analisa Perpindahan Panas Secara Konveksi

Untuk menganalisa perpindahan panas yang terjadi secara konveksi, beberapa hal yang berpengaruh terhadap perpindahan panas secara konveksi antara lain yaitu :
  • kecepatan fluida yang mengalir.
  • Viskositas kinematik fluida.
  • Masa jenis fluida.
  • Kapasitas panas fluida.
Untuk aliran yang mengalir pada permukaan plat datar atau yang diasumsikan. ada 2 jenis bentuk aliran fluida yang dianalisa, yaitu pada laminar dan turbulent. jadi langkah pertama yang dilakukan adalah menentukan kondisi aliran fluida, laminar ataukah turbulent.
bentuk aliran itu dikatehui dari angka reynold number yang didapat. untuk Re < 2×10^5 itu batas aliran laminar. dan Re > 5×10^5 itu untuk aliran turbulent.
untuk menghitung rata-rata perpindahan panas atau total perpindahan panas, tergantung dari angka Nusselt number. Agar perubahan temperatur berpengaruh terhadap besar perpindahan panas berpengaruh, maka harus digunakan teori “Whintaker”.
23 responses to “Analisa Perpindahan Panas Secara Konveksi

  1. soal
    ada sebuah blower penghisap angin na aq pengen buat angin yang di hisap masuk ke blower menjadi panas dengan Tamb 31 q in dari listrik menghasilkan panas 300 brapa T yang di hisap masuk untuk kekurangan data mohon di assume sendiri
    makasi tolong di bales cepat

  2. i want heat transfer complet teory

  3. royindralesmana

    Hi andy,
    Heat transfer teory is very much, more option of this. maybe you you can buy some book reference of this regarding to your basic studies.

  4. apa ada alat untuk mengukur jarak perpindahan panas?

  5. royindralesmana

    Wah…. kalau alat untuk mengukur jarak perpindahan panas saya belum pernah denger tuh, soalnya banyak faktor yang bisa mempengaruhi perpindahan panas tersebut, seperti K medianya, besar Q sumber, dll…., tapi saya pernah bikin di excel pada saat menghitung penpindahan panas pada pitot tube, cukup mudah ko, parameter yg berubah bisa langsung di kalkulasikan…..,
    kalau misalnya Qonie udah tau alatnya, kasih tau saya yah…

  6. saya bikin tungku pembuat arang
    yang pake isolasi castable tebalnya 5 cm
    harga k nya 1,02 W/m 0c
    bentuknya silinder
    bisa diitung ga perpindahan panasnya?????

  7. roy saya anak polban mesin 2005
    bantuin yaaaa

  8. saya butuh tabel untuk sifat-sifat udara,air.Saya tidak bisa menentukan bilngan reynoldnya kalau tidak bisa membaca tabel.Trimakasih

  9. eh ada yg tau gk anlisa perhitungan efifiensi panas ?? saya buat Tugas akhir mesin pengering sampah..truzz sampah dihembuskan udara panas suhu 80 derajat..ada yg mw kasih tau saya..pkoknya dasar teori atw perhitungan2 mngenai hal itu…mksh yg mw tlongin saya..dkit lg mw sidang I nih..

  10. assalamua’laikum….saya mw tanya niy..ada gk cara perhitungan kecepatan laju aliran udara dari putaran kipas atw fan..selaian kita mengukur pake anemometer…?? klo ada tolng yah jwbanya cepat…penting niy buat skripsi

  11. fluida tuch apa ya????

    prasaan kyknya br dngr…

  12. tlng kasitau dunk……

    maaf q br klz 1 smp soalna…

    hehehehe….

  13. saya mw tanya dmn letak pitot tube pesawat beechcraft 1900D itu?apa dbwh sayap atw dbwh body?

  14. faisal ahni sumangkut

    dear pak royindralesmana,

    saya mahasiswa tehnik mesin di balikpapan..dan saya mau menanyakan kalau ada soal tugas perpindahan panas 2 ke bapak royindralesmana…kira kira bisa di bantu kah pak…

    thxu,

    faisal hani sumangkut

  15. i want to know about
    pyhsic, . . .
    plizzz…help me!

    i’m looking for some matery aboout
    “perpindahan panas,,yaitu
    tentang dinding bersirip
    plzzzz,.help boy
    thanks

  16. mow taanya nie…………….
    floida ama viskositas tu apa yha??
    baru kls 1 SMP nie
    blom taw apa itu

  17. alat untuk mengukur penukar kalor apa se….

  18. pak…saya minta tentang perpindahan panas pada magic jar….

  19. aq mo nanya kalo, celsius di ubah ke ranking…….di kali berapa ya??

  20. 1. sebongkah batu bermassa 4 Kg memeiliki suhu 0°C, es batu tersebut diletakkan di dalam sebuah wadah dan dijemur dibawahsinar matahari. Kaerena mendapat sumbangan kalor dari udara dan matahari maka es btu tersebut mencair …….
    Berapakah entropi es batu tersebut jika (kalor lebur = 3,34 x 105 J/Kg).
    2. sebuah mesin kalor menerima kalor (Q) sebanyak 800 Joule pada suhu 300°C, melakukan kerja dan membuang sejumlah kalor pada suhu 100°C. tentukan jumlah kalaor yang terbuang dan perubaha entropitotal dalam mesin selama satu siklus…..
    3. sebaongkah es batu bermassa 3 Kg memiliki suhu 0°C. es batu diletakkan disebuah wadah dan dijemur di bawah sinar matahari. Karena mendapat sumbangan kalor dan udara dan matahari maka es batu pun mencair………..
    tentukan perubahan entropi es batu tersebut jika (kalor lebur = 3,34 x 105 J/Kg)
    4. segelas air bersushu 26°C dicampur dengan segelas air yang bersuhu 22°C. jika massa air dalam gelas = 2Kg (gelas raksa). Tentukan perubahan entropi air……
    anggap saja dicampur dalam system tertutup yang terisolasi, ingat perpindahan kalor alais [anas termasuk proses irrevelsible..

  21. tolong jika and mempunyai jawaban yang berbeda kirim jawaban ke email aq ya
    aq mahasiswa mesin jga pi di pasuruan jatim

  22. mas saya mau tanya soal perpindahan panas pada oven secara konveksi…
    dimana oven tersebut berbentuk kubus,,,dimana ada 6 dinding dalam oven…apabila di setiap dinding tersebut dipasangi pemanas…
    apakah koefisien transfer panas seccara konveksi pada setiap dinding terhadap benda sama,kalo menurut saya sih sama???
    lalu bagaimana dengan susunan neraca panasnya dimana panas tersebut bukan aliran searah dari 1 dinding,,,tetapi semua dinding….???

    terima kasih…

    oya perkenalkan nama saya anastasia mahasiswa teknik kimia upn jogja…
    terima kasih…

  23. saya anak teknik kimia upn jogja 2007…
    tolong bantu saya ya…
    erima kasih…

Leave a Reply

