Desain Pompa

pompa air adalah salah satu alat untuk mengeluarkan air. mengeluarkan dalam artian menaikkan air dari sumur atau dari tempat yg lebih rendah. teknik yang digunakan yaitu dengan cara menyedot atau mendorong air.

banyak type pompa air yang beredar dipasaran. tapi agak sulit menemukan type pompa yang bisa menyesuaikan kebutuhan penggunanya secara fleksibel. sebagai solusinya sekarang banyak digunakan tabung penyimpanan air sementara, yang biasanya di taruh di tempat yang lebih tinggi.

beberapa hal yang menjadi parameter untuk mendesain sebuah pompa air. antara lain yaitu :

  • Aerodynamis : bagian dalam pompa yang dilewati fluida (udara atau air) haruslah bersifat aerodynamis, yaitu nilai koefisien gaya hambatnya kecil (minimum drag). baik drag yang ditimbulkan oleh kontur permukaan material maupun dari bentuk pompa tersebut. semakin kecil drag yang ditimbulkan maka akan semakin besar efisiensi pompa tersebut.
  • Material: banyak sekali pompa yang didesain menggunakan material yang tebal, padahal untuk sebuah pompa air untuk keperluan rumah tangga, tekanan yang diciptakan relatif kecil. untuk menentukan material yang diperlukan dan juga ketepatan ketebalannya. maka harus dibuatkan pemodelannya lalu di analisa dan disimulasikan dengan software. untuk membuat modelnya bisa mengguankan program CatiaV5 dan Analisanya menggunakan CFD atau Ansys.
  • Fan : Fan sebagai “tangan” dari power yang ada, harus lah memiliki ketepatan pula. berbeda halnya dengan fan / propeller pesawat terbang. fan untuk pompa harus lah memiliki nilai perbandingan antara koefisien lift (cL) berbanding dengan koefisien drag (cD) yang sesuai juga. karena prinsip nya, power akan menggerakkan fluida, bukan fluida yang menggerakan fan. semakin kecil nilai cL/cD maka power yang ddiperlukan akan semakin besar, tetapi fluida yang terangkut akan semakin besar, dan sebaliknya.
  • Power : kebanyakan dari desain pompa, power yang digunakan relatif konstan. seharusnya pada power tersebut digunakan Portable Capasitor yang dapat mempengaruhi power yang digunakan. untuk mengatur output air, digunakan Portable Capasitor tersebut, sebagai dampak positifnya, pompa tersebut akan dapat menghemat energi listrik yang digunakan.

untuk mendesain pompa lainnya atau pompa lebih jauhnya, untuk mempermudah perhitungan, bisa menggunakan website berikut : http://www.freecalc.com/pumpdesg.htm. website tersebut mengkalkulasikan perhitungan-perhitungan untuk sebuah pompa.

One response to “Desain Pompa

  1. Terimakasih, wah software pompanya amat berguna nih , kapan2 sy diajari buat wordpress dunx, dan kita bisa sharing ttg pompa,

    salam kenal,
    Fatkur
    TCS (Pump Source for any brand Sales&Repair)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s